5 Tanda Sudah Waktunya Kamu Ganti Lensa Kacamata

Mau Tau Tanda Tandanya?

Posted by Optikal Bahari on November 07, 2022 · 3 mins read

Bagi pengguna kacamata tentu benda yang satu ini sangat membantu keseharian kalian ya. Banyak orang yang penglihatannya terbantu dengan menggunakan kacamata. Gangguan penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, ataupun astigmatisme bahkan perlu memeriksakan matanya tidak hanya satu kali. Dengan begitu, menggunakan kacamata resep dokter saja tidak cukup.

lensa-progresif.jpg

Kacamata perlu diganti secara berkala, menyesuaikan kondisi mata penderitanya. Namun, mungkin kita pernah bertanya-tanya kapan sebaiknya mengganti lensa kacamata.

Meskipun sering dirawat dan dibersihkan, akan ada saatnya lensa kacamata perlu diganti. Selain karena ada kerusakan pada lensa, sebab-sebab lainnya juga dapat menandakan bahwa lensa kacamata harus segera diganti. Melansir Eye See Mag, Rabu (26/10/2022) berikut 5 tanda kacamata anda perlu segera diganti:

1. Sakit Kepala dan Mata Lelah

Mungkin banyak kalian pengguna kacamata yang merasakan sakit di kepala dan berpikir itu hanya sakit kepala sederhana yang akan berlalu. Akan tetapi, kemudian sakit kepala itu terus datang kembali.

Apalagi saat kamu memakai kacamata. Selain itu, kamu juga merasakan sesuatu yang baru seperti mata yang mulai merasa lelah. Mata lelah merupakan kondisi yang dirasakan akibat penggunaan mata yang intens. Ini juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya membaca atau bekerja di depan komputer.

Jika kamu memiliki dua gejala ini, mungkin karena kacamata kamu sudah tidak tepat. Tidak perlu mencari lagi penyebabnya atau berasumsi. Ketika kamu mulai merasa ada gejala tersebut, saatnya untuk pergi ke ahli kacamata.

2. Pandangan Menjadi Sering Kabur

Ketika sering merasa penglihatan menjadi kabur saat memakai kacamata, itu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Penglihatan kabur saat kamu memakai kacamata bisa jadi karena kelelahan, atau bisa juga karena lensa yang ternodai.

Ketika permukaan lensa menjadi cukup rusak, itu dapat mengubah penglihatan kamu. Intinya, kaca tidak lagi tembus pandang sehingga sudah waktunya untuk menggantinya agar dapat melihat dengan jelas.

3. Sulit Melihat pada Malam Hari

Jika sering keluar malam dan merasa penglihatan memudar, sebaiknya lakukan pemeriksaan mata. Ini dapat menjadi tanda bahwa kacamata perlu diganti. Penglihatan memudar ini dapat berbahaya, seperti ketika sedang membawa kendaraan. Selain itu, penglihatan yang menurun di malam hari juga bisa merupakan tanda awal penyakit katarak.

4. Masalah Ketika Membaca

Apakah kamu harus melepas kacamata ketika sedang membaca? Kacamata kamu seharusnya membantu untuk membaca. Jadi, jika melepasnya membantu kamu untuk melihat lebih baik, maka ada sesuatu yang tidak benar dan mungkin itu karena lensanya. Untuk memastikannya, segeralah periksa ke ahli mata.

5. Lensa Tergores

Jika kamu berpikir bahwa tidak perlu mengganti kacamata karena beberapa goresan pada lensa, perlu kamu ketahui bahwa goresan tersebut tidak boleh diremehkan.

Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi goresan secara tidak sadar akan mengganggu mata karena penglihatan akan mencoba untuk fokus pada goresan tersebut. Kamu juga harus tahu bahwa goresan mengubah bagaimana cara lensa bekerja dan mengurangi seberapa efektif lensa tersebut mengoreksi penglihatan kamu.

Kamu perlu segera memiliki kacamata dengan lensa progresif ini jika mengalami gangguan presbiopia. Dapatkan hanya di Optikal Bahari Kemayoran, Jakpus, Jln. Bendungan Jago No. 447 atau lihat di website kami. Kamu juga bisa bergabung dengan fanpage Facebook @optikalbahari@optikalbahari supaya mengetahui update informasi terkait jenis lensa progresif terbaru. Untuk respond yang lebih cepat, silahkan menghubungi kami di nomor HP/WA ini +6281932235445.(Optikal Bahari)