Jenis Lensa Kacamata Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui

Ada Apa Aja Sih Tipe Lensa?

Posted by Optikal Bahari on August 03, 2020 · 4 mins read

Hadirnya beberapa jenis lensa kacamata terbaik membuat kabar gembira bagi sebagian orang. Terutama bagi yang mengalami gangguan dalam penglihatannya, baik dari lahir atau karena masalah tertentu. Lensa mata membantu memperbaiki penglihatan sehingga setiap orang tidak akan terganggu lagi ketika melakukan aktifitas sehari-hari.

tipe-lensa

Gangguan pada penglihatan sebenarnya ada banyak sekali, namun yang paling umum adalah rabun dekat, rabun jauh, dan kombinasi dari keduanya. Alat bantu seperti kacamata sangat diperlukan untuk mengurangi dampak dari gangguan tersebut. Karena itu juga kamu perlu mengetahui masalah yang kamu miliki sebelum membeli kacamata.

Umumnya, ada beberapa jenis lensa yang bisa kamu jumpai. Selain itu, kamu juga bisa memesan lensa kacamata secara khusus jika ada kondisi tertentu, misalnya perbedaan tingkat gangguan antara mata kanan dan kiri. Maka dari itu juga kamu perlu mengetahui beberapa lensa kacamata yang terbaik.

Kenali Jenis Lensa Kacamata Terbaik, Lensa Tunggal dan Bifokal

Seperti namanya, lensa tunggal hanya memiliki satu titik fokus karena hanya memiliki satu bidang ukuran saja. Lensa seperti ini adalah yang paling umum dijumpai di banyak tempat optik. Namun meski demikian, ini tetap menjadi salah satu jenis lensa kacamata paling baik yang bisa kamu pilih.

Lensa ini biasanya dipakai untuk membantu penderita rabun jauh, rabun dekat atau gangguan penglihatan mata silinder. Kamu bisa mengetahui keluhan yang terjadi dengan cek mata di Optikal Bahari dan jika mengalami salah satu dari masalah tersebut, kamu bisa memilih lensa tunggal satu ini.

Jenis lensa kacamata terbaik bifokal merupakan tingkat lanjut dari lensa tunggal. Jika lensa tunggal hanya memiliki satu titik fokus, maka lensa bifokal memiliki dua titik fokus. Biasanya lensa satu ini diperuntukan untuk pengidap gangguan penglihatan ganda atau rabun dekat dan rabun jauh sekaligus.

Dengan lensa ini, mata bisa lebih maksimal ketika melihat dan kamu tidak perlu khawatir lagi. Bagian bawah lensa cocok untuk pengidap rabun dekat sehingga kamu nyaman membaca. Sedangkan bagian atas adalah untuk rabun jauh sehingga penglihatan jarak jauh tidak akan terkendala lagi.

Lensa Progresif dan Lensa Transisi Jadi Salah Satu Jenis Lensa Kacamata Terbaik

Lensa progresif pada dasarnya adalah sama dengan lensa bifokal, hanya saja yang membedakan adalah tidak adanya garis pembatas. Artinya lensa satu ini bisa digunakan dengan lebih fleksibel dan tentunya kamu bisa lebih nyaman. Jarak jauh atau jarak dekat bisa terlihat dengan baik tanpa gangguan.

Yang lebih menarik adalah lensa ini juga nyaman untuk melihat benda-benda jarak sedang. Titik fokus untuk jarak sedang ini pula yang membuatnya menjadi salah satu jenis lensa kacamata terbaik untukmu. Selain itu, lensa ini juga sering disebut sebagai lensa trifokal karena ada tiga titik fokus.

Jika kamu memiliki tingkat sensitivitas tinggi terhadap perubahan cahaya, lensa transisi bisa membantumu. Keunikan dari lensa ini adalah bisa menyesuaikan tingkat cahaya yang masuk melewati mata. Karena itu juga lensa ini memiliki kemampuan unik untuk mengubah pola cahaya seperti halnya pelangi.

Jika dipakai pada ruangan biasa, maka lensa seperti kacamata baca biasa. Sedangkan ketika dipakai untuk luar ruangan dengan konsentrasi cahaya tinggi, lensa akan berubah menyerupai sunglass. Ini bertujuan untuk melindungi mata dari pancaran sinar UV supaya mata tidak mengalami rasa nyeri.

Jika kamu ingin mendapat kacamata terbaik, kunjungi toko OPTIKAL BAHARI di alamat Kemayoran, Jakpus, Jln. Bendungan Jago No. 447. Kamu juga bisa mengunjungi website kami atau di fanpage Facebook @optikalbahari. Gunakan tips memilih kacamata bagi pemula seperti ini pasti akan sangat bermanfaat bagi Kamu. Untuk respond yang lebih cepat, silahkan menghubungi kami di nomor HP/WA ini +6281932235445. (Optikal Bahari)