Mengenal Lensa Progresif untuk Penderita Presbiopia

Apa sih Lensa Progresif?

Posted by Optikal Bahari on August 06, 2020 · 4 mins read

Jika Kamu punya gangguan presbiopia maka lebih baik kamu segera cek mata dan mendapatkan kacamata dengan jenis lensa progresif. Presbiopia sendiri adalah gangguan penglihatan jarak dekat karena mata kehilangan daya akomodasi pada lensa mata. Karena itu, penderita akan sulit untuk melihat objek dalam jarak pandang dekat.

Gangguan penglihatan ini tentu akan sangat mengganggu ketika kamu sedang membaca, menonton, atau melakukan aktivitas lain. Jika terus dibiarkan, mata bisa saja akan kehilangan seluruh kemampuannya untuk melihat objek pada jarak dekat. Tentu saja kamu tidak ingin bukan jika harus menderita gangguan ini?

lensa-progresif.jpg

Maka dari itulah kamu perlu segera cek mata, supaya kamu mendapatkan penanganan cepat. Kamu bisa segera mendapatkan sebuah lensa kacamata yang mampu mengatasi masalah tersebut. Memang benar, ini adalah lensa progresif yang bisa memberikan penggunanya rasa nyaman ketika melihat.

Jenis Lensa Progresif Nyaman Dipakai dan Memiliki Tiga Titik Fokus

Lensa progresif setidak memiliki kenyamanan ketika kamu pakai untuk kegiatan sehari-hari. Ketika kamu mengalihkan pandangan dari jarak dekat ke jarak jauh, mata tidak akan merasakan nyeri atau sejenisnya. Ada mekanisme yang sangat cocok untuk penderita rabun dekat serta rabun jauh sekaligus.

Ketika kamu mengalihkan pandangan, tidak akan ada lompatan cahaya dari jarak dekat ke jauh atau sebaliknya. Hal ini yang membuat penggunanya tidak perlu khawatir akan perubahan cahaya yang masuk. Kamu juga bisa dengan leluasa melihat objek apa saja baik di jarak dekat atau jarak jauh.

Yang menarik dari jenis lensa progresif adalah ada tiga titik fokus yang bisa membantumu melihat setiap objek. Bukan hanya ada titik fokus untuk melihat objek jarak dekat dan jarak jauh, namun ada titik fokus melihat objek jarak sedang. Artinya kemampuan lensa kacamata ini sangat sempurna.

Karena ada tiga titik fokus ini, lensa progresif juga sering disebut sebagai lensa trifokal. Kamu yang memiliki gangguan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, atau bahkan keduanya maka lensa progresif sangat cocok kamu pakai. Kegiatan sehari-hari tidak akan terkendala lagi dan penglihatanmu menjadi lebih baik.

Model Jenis Lensa Progresif dan Cara Pemakaiannya

Karena penderita presbiopia kini bukan hanya orang tua lagi, maka model kacamata juga perlu disesuaikan. Saat ini ada beragam jenis model kacamata yang bisa kamu pakai. Jadi dari segi fashion, memakai kacamata bukan lagi menunjukkan bahwa kamu tua, melainkan sudah menjadi sebuah gaya hidup.

Yang lebih menarik adalah ada beragam model frame kacamata dengan berbagai warna. Kamu bisa memilih kacamata sesuai keinginan supaya lebih cocok. Kamu juga bisa meminta bantuan kepada penjaga optik untuk membantu memilih kacamata mata yang cocok kamu pakai.

Jenis lensa progresif pada dasarnya umum dipakai oleh penderita presbiopia, yaitu gangguan terhadap ketajaman mata melihat objek jauh atau dekat. Penderita presbiopia biasanya adalah orang yang sudah berumur 40 tahun ke atas. Namun tidak jarang juga anak muda juga mengalami gangguan seperti ini.

Hilangnya ketajaman mata melihat objek jauh atau dekat bisa disebabkan banyak hal, bisa saja karena kebiasaan buruk seharai-hari atau karena benturan. Karena itu juga penting menjaga kesehatan mata supaya tidak mengalami gangguan penglihatan. Apalagi jika kamu masih di usia muda seperti sekarang.

Kamu perlu segera memiliki kacamata dengan lensa progresif ini jika mengalami gangguan presbiopia. Dapatkan hanya di Optikal Bahari Kemayoran, Jakpus, Jln. Bendungan Jago No. 447 atau lihat di website kami. Kamu juga bisa bergabung dengan fanpage Facebook @optikalbahari@optikalbahari supaya mengetahui update informasi terkait jenis lensa progresif terbaru. Untuk respond yang lebih cepat, silahkan menghubungi kami di nomor HP/WA ini +6281932235445. (Optikal Bahari)