Tips Memilih Kacamata Untuk Mengemudi

Mau Tau Cara Memilihnya?

Posted by Optikal Bahari on November 07, 2022 · 4 mins read

Saat memutuskan untuk membeli kacamata jangan karena gengsi atau asal membeli berdasarkan tren. Pasalnya, tidak semua jenis kacamata mengemudi cocok dan aman untuk digunakan saat berkendara. Setiap kacamata tentu memiliki fungsi yang ditujukan untuk masing-masing individu. Seperti, kacamata minus, kacamata baca, kacamata hitam, hingga kacamata yang digunakan khusus untuk mengemudi.

lensa-progresif.jpg

Sebenarnya, apa fungsi dari kacamata untuk pengemudi atau driving glasses dan bagaimana cara memilihnya? simak informasi seputar driving glasses berikut ini.

Fungsi Pengemudi Menggunakan Kacamata

Jenis kacamata mengemudi yang aman adalah yang dirancang secara khusus untuk membantu Anda saat mengendarai kendaraan di jalan raya. Fungsi kacamata bagi pengemudi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi atau menghindari sinar menyilaukan yang bisa merusak daya pandang pengemudi.
  • Membuat penglihatan menjadi lebih nyaman.
  • Membuat mata tidak mudah lelah.
  • Bisa mengambil objek dalam pencahayaan rendah.
  • Penglihatan menjadi optimal sepanjang hari, baik siang maupun malam.
  • Mencegah merasa buta sesaat akibat sinar yang menyilaukan dari pantulan cahaya terang seperti lampu jalan dan lampu depan kendaraan lain di malam hari.
  • Bisa tampil lebih gaya saat mengemudi.
  • Tips Memilih Jenis Kacamata untuk Mengemudi

Walau terlihat sepele, namun pemilihan kacamata yang tepat akan sangat membantu Anda saat berada berkendara di jalan. Ada beberapa tips memilih kacamata mengemudi yang aman bagi Anda, diantaranya adalah:

1. Harus Ada UV Protection

Driving glasses berbeda dengan kacamata hitam atau sunglasses pada umumnya. Sebab, tugas utamanya adalah untuk mengurangi intensitas cahaya yang diterima oleh mata agar tidak merasa silau dan mengganggu penglihatan.

Itu sebabnya, pemilihan kacamata jenis ini harus memenuhi spesifikasi khusus. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih kacamata mengemudi yang memiliki fitur UV Protection.

Gunanya adalah untuk mengurangi paparan radiasi sinar matahari yang diterima oleh mata. Itu sebabnya, antara kacamata pengemudi yang digunakan siang hari berbeda dengan malam hari.

Untuk siang hari, lensa pada kacamata pengemudi umumnya lebih gelap. Sedangkan kacamata pengemudi di malam hari umumnya menggunakan lensa yang berwarna kekuningan.

2. Ada Polarized Lenses

Tips memilih kacamata mengemudi yang aman berikutnya adalah memilih kacamata yang di bagian lensanya telah terpolarisasi (polarized lenses). Tujuannya adalah agar kacamata tersebut memiliki kemampuan photochromic, yaitu:

  • Lensa terlihat lebih bening saat berada di ruangan dengan pencahayaan minim.
  • Lensa terlihat lebih gelap saat berada di luar ruangan atau saat terkena sinar matahari.

Keunggulan kacamata khusus mengemudi yang polarized lenses diantaranya adalah:

  • Mencegah silau.
  • Mempertajam kemampuan melihat dan mengenali objek, terutama saat berkendara di sore dan malam hari.
  • Mengurangi risiko buta sesaat (black-out) ketika berada di area dengan tingkat cahaya yang berbeda. Misalnya, saat masuk terowongan di siang hari.

3. Kacamata untuk Mengemudi Malam Hari

Tips terakhir ini khusus bagi Anda yang kerap mengemudi di malam hari karena membutuhkan spesifikasi kacamata yang lebih khusus, yaitu:

Pilihlah desain frame dan nose pad yang tidak terlalu ketat dan nyaman walau digunakan dalam waktu yang lama. Gunakan driving glasses yang memiliki kemampuan anti glare yang mampu mengurangi intensitas pantulan apapun atau pancaran sinar yang berasal dari sorot lampu kendaraan bermotor dari arah yang berlawanan. Memiliki kacamata mengemudi dengan spesifikasi yang telah diuraikan diatas akan menguntungkan bagi Anda. Sebab, bisa membuat mata tidak akan mudah lelah meski kacamata digunakan dalam jangka waktu yang lama saat bepergian jarak jauh.

Kamu perlu segera memiliki kacamata dengan lensa progresif ini jika mengalami gangguan presbiopia. Dapatkan hanya di Optikal Bahari Kemayoran, Jakpus, Jln. Bendungan Jago No. 447 atau lihat di website kami. Kamu juga bisa bergabung dengan fanpage Facebook @optikalbahari@optikalbahari supaya mengetahui update informasi terkait jenis lensa progresif terbaru. Untuk respond yang lebih cepat, silahkan menghubungi kami di nomor HP/WA ini +6281932235445. (Optikal Bahari)